Asal Template

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger


Kamis, 27 Mei 2010

Holiday

LIBURAN SEKOLAH
Perlunya Alternatif Liburan Cerdas
Rabu, 26 Mei 2010 | 19:03 WIB

Oleh Yayuk Partowiredjo

KOMPAS.com - Liburan sekolah sering dimanfaatkan oleh para orang tua untuk berlibur bersama keluarga. Beragam tawaran wisata ke tempat-tempat menarik, mulai dari yang diklaim sebagai "Paket Murah" sampai penawaran dengan janji-janji "Memberikan Pelayanan yang Memuaskan" hadir memenuhi setiap acara pameran wisata. Lantas, bagaimana memilih ataupun mengisi liburan yang tepat untuk keluarga, terutama anak-anak yang bersiap libur sekolah?

Liburan cerdas tentu harus cerdas dalam perencanaan, cerdas dalam menentukan anggaran dan juga cerdas dalam mengimplementasikannya. Intinya, liburan memberikan manfaat yang baik, bagi anak maupun orang tua itu sendiri. Bahkan, liburan cerdas diharapkan bisa meningkatkan quality time antara orang tua dan anak.

Liburan cerdas tidak berbicara mengenai murah atau mahal, tetapi menitikberatkan kepada kepuasan dan manfaat. Karena, ukuran murah dan mahal bagi orang adalah relatif. Dan, dengan liburan yang terencana, pengeluaran untuk liburan bisa diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi over budget.

Sebenarnya, mengisi liburan juga tidak harus dengan berwisata. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan orang tua untuk mengisi liburan, meskipun tanpa harus meninggalkan rumah.

Namun, tak ada salahnya pula jika membawa anak-anak kita keluar untuk benar-benar menikmati liburannya. Tentunya, memberikan suasana baru setelah menghadapi berbagai macam kegiatan formal akan berguna bagi perkembangan sia anak.

Alternatif Liburan cerdas

Salah satu alternatif liburan cerdas adalah dengan mengunjungi museum, tempat bersejarah, taman nasional ataupun cagar alam. Tempat-tempat tersebut menjadi pilihan "cerdas" karena cenderung lebih mudah dilakukan, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, ataupun melakukan reservasi terlebih dahulu.

Lokasinya pun tidak sulit untuk dijangkau, karena biasanya berada di dalam kota. Bahkan, beberapa tempat tersebut biasanya bisa dikunjungi dengan kendaraan umum.

Bagi yang tinggal di Jakarta, Anda bisa memanfaatkan angkutan umum Transjakarta yang cukup nyaman untuk berkeliling. Selain murah, banyak tempat wisata yang mengandung nilai sejarah yang dilewati oleh bus ini. Bahkan, di shuttle busway ada peta-peta yang membuat Anda tidak perlu bingung harus berhenti di mana saja.

Alternatif liburan cerdas lainnya adalah membawa anak melakukan kegiatan di alam bebas dan menikmati petualangannya. Membiarkan anak bersatu dengan alam akan menghadirkan pengalaman tersendiri untuk anak.

Di alam, anak akan belajar langsung dari segala isi alam yang dilihatnya dan disentuhnya. Pengalaman ini akan meningkatkan kemampuan anak dalam hal kemandirian, survival, adaptasi, serta berempati terhadap lingkungan sekitar.

Anda mau mencoba tips ini?

Tidak ada komentar: