Asal Template

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger


Senin, 26 Januari 2009

Pesan

Generasi Muda Jangan Takut Bermimpi
MALANG - Putri Indonesia 2007 Putri Raemawasti kemarin berbagi kiat agar generasi muda Indonesia tetap memiliki semangat untuk maju. Kuncinya, menurut dia, harus mampu bertahan hidup. Baik dalam mengejar cita-cita, menghadapi persaingan, maupun dalam dunia kerja.

Sebab, kata Putri, hidup tidak hanya cukup dengan melewati proses lahir, besar, menikah, memiliki keturunan, dan kemudian mati. Sebaliknya, hidup harus bermakna dan memberikan nilai lebih pada masyarakat banyak. "Karena itu, semua harus mampu bertahan hidup. Caranya dengan berjuang," ucap Putri, di sela-sela pembukaan Wisnuadjiphotography Cabang Malang, kemarin.

Untuk berjuang, lanjut Putri, tentu harus memiliki modal cukup. Karena dibesarkan di negeri Indonesia yang sarat dengan ragam budaya dan suku, maka generasi muda harus memiliki nilai-nilai kearifan lokal. Akan lebih baik jika bisa menguasai atau minimal mengenal dengan baik. Yang tak kalah penting adalah penanaman nilai moral sejak kecil. "Jika memiliki nilai-nilai itu, dalam kondisi apapun seseorang tidak akan kehilangan kontrol dan jati diri," beber gadis berusia 22 tahun itu.

Apalagi dalam era globalisasi seperti ini arus informasi dan budaya barat tidak terbendung. Tanpa kontrol dan filter yang bagus, seseorang bisa terseret dalam pergaulan yang salah. "Saya contohnya, setelah memutuskan hidup di Jakarta baru merasakan persaingan begitu hebat. Saya harus berjuang keras karena di sana tidak mengenal belas kasihan," jelas presenter salah satu TV swasta tersebut.

Dalam kondisi seperti itu, kata Putri, semua bekal yang diperolehnya di bangku sekolah, lingkungan asal, dan hasil didikan orang tua sangat bermanfaat. "Membentuk kepribadian tidak bisa instan. Sekolah kepribadian saja tidak cukup, tapi harus memiliki bekal dasar sejak kecil," ungkap sulung tiga bersaudara itu.

Yang tak kalah penting adalah membangun mimpi sejak kecil. Mimpi dalam hal ini adalah cita-cita saat besar nanti. Sehingga dalam hidup para generasi muda memiliki sebuah alasan untuk mengejar keinginan seperti yang diimpikan. "Saya merasa apa yang saya jalani sekarang adalah mimpi masa kecil. Karena itu, jangan takut untuk bermimpi," tandasnya.

Sementara itu, owner wisnuadjiphotography Wisnu Adji mengatakan, cabang Malang adalah ekspansi perdana yang dilakukannya. Sebelumnya bisnis ini berkembang sejak tahun 2001 di Surabaya. "Sebenarnya di Jakarta ada, tapi hanya kantor biasa. Ke depan akan lebih banyak dikenalkan, salah satunya penjajagan ke Balikpapan," kata Wisnu. (nen/ziz)

Tidak ada komentar: