Asal Template

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger


Rabu, 24 Desember 2008

Beasiswa DIKNAS Kota Batu

BATU - Janji Wali Kota Batu Eddy Rumpoko memberi kucuran dana bagi para siswa dan guru berprestasi dibuktikan. Sebanyak 126 siswa dari tingkat SD hingga SMA dan guru berpestasi itu mendapatkan bantuan finansial. Selain guru dan siswa berprestasi, wali kota juga memberikan kucuran dana bagi 346 siswa kurang mampu. Dana beasiswa sebesar Rp 499,8 juta itu diberikan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkot Batu, siang kemarin. "Jangan dipakai beli jajan semua ya. Sisakan untuk tabungan," kata Eddy Rumpoko, saat memberikan bantuan secara simbolis pada siswa berprestasi, siang kemarin.

Apresiasi yang diterima tidak hanya berupa uang. Khusus siswa berprestasi, mereka akan dapat bonus berupa rekreasi gratis ke arena Batu Night Spectacular (BNS) pada 25 Desember mendatang.

Di sela-sela pemberian bantuan kemarin, Eddy juga berharap prestasi yang telah diraih tersebut bisa dipertahankan tahun depan. Baik itu prestasi akademik maupun non akademik. "Saya ingin tahun depan kalian juga kembali dapat," tambah dia.

Dia lantas menjelaskan, harapan itu diberikan pada siswa karena pada tahun anggaran depan juga ada alokasi anggaran bagi siswa dan guru berprestasi. Bahkan jumlahnya lebih besar. Jika saat ini pemkot mengalokasikan anggaran Rp 550 juta, maka pada tahun depan direncanakan anggaran sebesar Rp 1 miliar.

Sementara Mistin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkot Batu mengatakan bantuan beasiswa itu diberikan dengan berbagai kategori. "Mulai dari 10 besar nilai ujian akhir nasional, hingga prestasi ketrampilan," kata dia.

Dia lantas menyebutkan, untuk kategori prestasi non akademik dialokasikan dana Rp 104,5 juta, akademik Rp 71 juta, beasiswa guru RSBI (rintisan sekolah berstandar internasional) Rp 120 juta, beasiswa guru SN (standar nasional) Rp 100 juta, beasiswa guru berprestasi Rp 10 juta, dan beasiswa untuk siswa kurang mampu sebesar Rp 94,1 juta.

Pemberian beasiswa itu cukup memberikan senyum pada siswa. Maklum, selain mendapatkan dana segar, juga ditambahi dengan acara wisata. Calvin Pranata, siswa SMP Widyatama salah satunya. Peraih juara II karate tingkat nasional itu mengaku akan memanfaatkan beasiswa yang diterima itu untuk menunjang kegiatan belajarnya. "Untuk kegiatan sekolah. Kalau sisa nanti saya tabung," kata dia. (yak/abm)

Tidak ada komentar: